Dalam era digital seperti saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, pun pergerakan dalam bisnis yang terus melakukan inovasi, saat menjalankan sebuah bisnis mungkin kamu pernah dengar content marketing & digital marketing untuk pemasaran sebuah produk/jasa. Tapi tahukah kamu perbedaan content marketing & digital marketing itu sendiri?
Content marketing dan digital marketing adalah dua konsep yang berbeda, meskipun keduanya saling terkait. Berikut adalah perbedaan antara content marketing dan digital marketing:

- Content marketing adalah strategi pemasaran yang berkaitan dengan membuat, memproduksi, dan mendistribusikan konten yang relevan dan bermanfaat untuk target pasar. Tujuan dari content marketing adalah untuk menarik dan mempertahankan audiens yang lebih terlibat, memperkuat merek, dan meningkatkan kesadaran merek. Content marketing berfokus untuk menciptakan konten yang berkualitas tinggi dan relevan, seperti artikel blog, video, infografis, dan e-book.
Content marketing biasanya lebih fokus pada membangun hubungan dengan audiens melalui konten yang bermanfaat dan relevan. Pembuatan konten dapat dilakukan secara terpisah atau sebagai bagian dari kampanye (campaign) digital marketing yang lebih besar.

- Digital marketing adalah istilah yang lebih luas dan mencakup semua strategi pemasaran yang melibatkan teknologi digital, seperti website, media sosial, email, dan iklan digital, serta melibatkan banyak aspek dalam penerapannya, seperti SEO, SEM, media sosial, PPC, dan email marketing. Digital marketing lebih berfokus dalam kegiatan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial atau pelanggan lama. Dalam implementasinya, digital marketing mencakup lebih banyak elemen, termasuk content marketing, untuk mencapai tujuan pemasaran.
Jadi, meskipun content marketing dan digital marketing saling terkait, keduanya memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Content marketing adalah tentang membuat konten berkualitas tinggi dan relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens, sementara digital marketing melibatkan banyak aspek, termasuk content marketing, untuk mencapai tujuan pemasaran yang lebih luas.